Saturday, April 14, 2012

Band-Band Hebat Di Era 90an

Gusdi20 - Musik 90an tentu meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi kita. Musik-musik yang berani "melawan" mainstream era Glam Rock seperti GNR, Bon Jovi, Dream Theatre, MR. Big, Skid Row dan band-band Glam lainnya.

Band- band 90an mengajarkan kepada kita, bahwa untuk bermusik ngga perlu 'Rumit". Ngga perlu punya gitaris seperti Sambora atau Slash. Cukup dengan 4 kord, dengan sentuhan melody yang minimalis sudah bisa membuat lagu yang bagus.

Berikut adaha beberapa band era 90an yang menurut saya terbaik dan mampu memberi influence pada era tersebut...



NIRVANA
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Mungkin ngga ada habisnya membicarakan band yang satu ini. Grup yang di bentuk di Washington, Amerika Serikat 1987. Dimotori oleh sang vokalis Curt Cobain dan Krist Novoselic yang mengisi bas, grup ini melepas album pertama mereka tahun 1989 dibawah sebuah label indie.

Tahun 1990, Nirvana menandatangani kontrak dengan major label DGC dan melepas album kedua mereka NEVERMIND. DGC memperkirakan bisa menjual album itu sekurangnya 250 ribu kopi saja. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Kesuksesan Smells Like Teen Spirit mendongkrak angka penjualan sampai 400 ribu kopi hanya dalam 1 minggu.

Berusaha mengulang sukses album pertama, album kedua bertajuk IN UTERO pun dirilis 2 tahun kemudian. Sayangnya pamor album ke 2 ini tak secemerlang yang pertama.

8 April 1994 adalah akhir dari sejarah Nirvana saat sang motor Kurt Cobain ditemukan meninggal dirumahnya di Seattle Washington. Beberapa album kompilasi mereka masih sempat dirilis beberapa tahun kemudian. Diperkirakan Nirvana telah menjual sekurangnya 50 juta kopi album mereka di seluruh dunia.

FOO FIGHTERS
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Foo Fighters adalah band rock Amerika alternatif yang dibentuk pada tahun 1994 oleh drummer Nirvana, Dave Grohl sebagai proyek tindak lanjut atas pembubaran band sebelumnya. Nama band ini diinspirasi dari UFO dan berbagai fenomena udara lain yang dilaporkan oleh pilot pesawat Sekutu di Perang Dunia II, yang dikenal dengan nama pejuang Foo (Foo Fighter).

Awalnya, Dave Grohl adalah salah satu personil Nirvana. Bersama rekannya, Kurt Cobain, Grohl telah membesarkan nama Nirvana hingga sampai ke puncak karir. Namun kebersamaan tersebut tidak berlangsung lama karena Kurt Cobain harus menghadap Tuhan terlebih dahulu. Sejak kematian Cobain, Grohl tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga memilih untuk membubarkan band yang dibangunnya bersama Kurt Cobain tersebut. Setelah itu dia menjalin kerjasama denga berbagai pihak, sampai akhirnya dia menemukan partner dan mendirikan band baru bernama Foo Fighter

Foo Fighter terdiri dari lima orang personil, yaitu Dave Grohl yang mengisi posisi vocalis, gitaris, drummer, dan percussion (1995-sekarang), Pat Smear sebagai gitaris dan backing vocal, (1995-1997, 2006–2009, 2010 – sekarang), Nate Mendel di posisi bassis (1995–sekarang), Taylor Hawkins mengisi posisi drums, percussion, dan backing vocals (1997–present), dan Chris Shiflett dengan permainan gitar dan backing vocalnya.

Sebelum rilis tahun 1995, anggota resmi Foo Fighters hanya Grohl. Namun akhirnya band tersebut semakin berkembang dengan bergabungnya anggota band yang lain, yaitu Nate Mendel dan William Goldsmith. Sayangnya Goldsmith keluar dari band beberapa waktu kemudian. Setelah itu posisinya digantikan oleh Pat Smear, yang kemudian disusul oleh Taylor Hawkins dan Franz Stahl. Stahl kemudian juga keluar dari band sehingga anggota Foo Fighter tinggal tersisa empat orang. Untungnya Chris Shiflett kemudian bergabung sehingga melengkapi formasi band menjadi lebih solid. Pat Smear sempat vacuum dari kegiatan Foo Fighter selama beberapa saat, namun akhirnya dia bergabung kembali. Sepanjang perjalanannya, tiga album sempat meraih penghargaan Grammy Awards sebagai Best Rock Album.


R.E.M
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

R.E.M. adalah sebuah band rock Amerika yang dibentuk pada 1980 oleh Michael Stipe (Vocalist), Peter Buck (Gitarist), Mike Mills (Bassist) dan Bill Berry(Drumer). R.E.M merupakan salah satu pelopor band rock alternatif. REM mendapat perhatian sejak awal karena gaya bermain Buck yang simple dan berbeda dengan gaya musik Glam Rock yang rumit, juga warna vokal Stipe yang khas. R.E.M. merilis single pertama, "Radio Free Europe", pada tahun 1981 pada label rekaman independent Hib-Tone. Pada tahun 1983, kelompok ini merilis debut album. Band ini akhirnya masuk ke Warner Bros Records pada tahun 1988, dan mulai membicarakan isu politik dan lingkungan di setiap konser dan kampanyenya.


SEMISONIC
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Semisonic adalah band rock alternatif Amerika yang terbentuk di Minneapolis, Minnesota pada tahun 1995. Band ini terdiri dari tiga anggota: Dan Wilson (vokal, gitar), John Munson (bass gitar, backing vokal, keyboard), dan Yakub Slichter (drum, perkusi, keyboard). Hits mereka yang sangat terkenal di era 1990-an adalah "Closing Time", "Singing in My Sleep" dan "Secret Smile"..


SUEDE
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Suede adalah band rock alternatif Inggris dari London, yang dibentuk pada 1989. Line-up awal kelompok itu adalah Vokalis Brett Anderson, gitaris Bernard Butler, pemain bas Mat Osman dan drummer Simon Gilbert. Pada tahun 1992, Suede dipuji sebagai "The Best New Band In England", dan menarik banyak perhatian dari pers musik Inggris. Tahun berikutnya album mereka "Suede", memuncaki tangga lagu, dan menjadi best seller album. Band ini juga merupakan salah satu pelopor gerakan Britpop. Namun, band ini bubar tahun 1994 setelah perselisihan Butler dengan Anderson dan "Dog Man Star" merupakan album kedua dan terakhir mereka yang rilis tahun 1994.


OASIS
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Satu lagi pelopor gerakan Britpop. Oasis adalah band rock Inggris yang terbentuk di Manchester pada tahun 1991. Awalnya dikenal sebagai "The Rain", band ini berubah nama menjadi Oasis. Band ini dibentuk oleh Liam Gallagher (vokal dan tambourine), Paulus "Bonehead" Arthurs (gitar), Paulus "Guigsy" McGuigan (bass gitar) dan Tony McCarroll (drum, perkusi), dan tak lama juga nergabung kakaknya Noel, Liam Gallagher (gitar dan vokal).

Delapan single mereka pernah berada di urutan teratas chart lagu Inggris begitu juga dengan delapan album yang juga berada di puncak album terbaik Inggris, dan memenangkan berbagai pengahargaan musik seperti lima belas kali mendapatkan NME Awards, nine Q Awards, empat MTV Europe Music Awards and enam Brit Awards.

Oasis menjadi grup sukses pada pertengahan 1990-an, hingga kemudian mengantarkannya meraih The Guinness Book Of Hit Singles And Albums untuk kategori Most Successful Act of the Last Decade di Inggris.

Album mereka di anataranya Definitely Maybe (1994), Morning Glory? (What's the Story, 1995), Be Here Now (1997), Standing on the Shoulder of Giants (2000), Heathen Chemistry (2002) dan Don't Believe the Truth (2005).

GREEN DAY
sangat-unikz.blogspot.com - Band-Band Hebat Di Era 90an 

Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California. Band ini terdiri dari trio Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool. Green Day sangat diakui karena keberhasilan mereka dalam membuat genre punk rock kembali terkenal, bersama-sama dengan Sublime, The Offspring, dan Rancid.

Pada tahun 1990, bersama dengan drummer pertama mereka, John Kiffmeyer, Green Day merekam album pertama mereka, 39/Smooth. Namun pada tahun yang sama, Tre Cool menggantikan menggantikan posisi drummer John Kiffmeyer yang keluar karena ingin melanjutkan kuliah. Tré Cool kemudian mulai berkontribusi pada album kedua Green Day, Kerplunk, dan telah menjadi anggota tetap sejak itu. Album terobosan Green Day, Dookie, yang dirilis pada tahun 1994, berhasil mendapatkan status diamond dari RIAA dan membawa Green Day ke puncak karir mereka. Namun, bertolakbelakang dengan Dookie, tiga album Green Day berikutnya, berturut-turut Insomniac, Nimrod, dan Warning, gagal mendapatkan sukses seperti Dookie. Meski Insomniac dan Nimrod berhasil mendapatkan status platinum dan Warning mendapatkan status emas, ketiga album tersebut justru memperlihatkan popularitas mereka yang secara keseluruhan menurun drastis. Adalah album rock opera mereka pada tahun 2004, American Idiot, yang mengembalikan popularitas mereka, terutama dengan penggemar dari generasi yang lebih muda. American Idiot terjual lebih dari 5 juta copy di Amerika Serikat sendiri. Album kedelapan mereka, 21st Century Breakdown, dirilis pada 2009.

sumber

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends