Monday, April 23, 2012

Begini Cara Belajar Menyukai Makanan Sehat


img 

Gusdi20 - Kebanyakan makanan sehat seperti sayuran memiliki rasa yang pahit dan tidak disukai. Padahal sayuran pahit seperti pare, paprika atau brokoli memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan penting untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk makan makanan sehat tersebut.

Berikut 8 cara untuk membiasakan diri makan makanan sehat dengan rasa yang tidak Anda sukai seperti dikutip dari allyou, Senin (23/4/2012) antara lain:

1. Biasakan Lidah Anda

Ajarkan lidah Anda untuk dapat menikmati lebih banyak jenis makanan dengan langkah yang cerdas.

Anda dapat memulai dengan membaca-baca informasi mengenai makanan tertentu seperti lobak hijau sangat penting bagi kesehatan Anda karena mengandung serat, vitamin C, folat, beta-karoten, kalsium dan zat besi yang dapat membuat Anda tertarik untuk mencobanya.

Seiring bertambahnya umur, sekitar 10.000 indra perasa yang melapisi mulut Anda biasanya akan menjadi kurang sensitif. Hal ini akan memudahkan Anda untuk lebih mudah menikmati makanan yang sebelumnya memiliki rasa yang terlalu kuat bagi Anda.

2. Memasangkan Makanan

Anda dapat memasangkan makanan yang tidak Anda sukai dengan makanan kesukaan Anda dalam satu menu.

Jika Anda tidak suka dengan alpukat tetapi menyukai burger, cobalah menambahkan irisan alpukat di sela-sela burger daging Anda. Dan jika Anda tidak tahan dengan rasa asam yoghurt, tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya agar rasanya lebih sesuai dengan selera Anda.

3. Mengubah Cara Memasak Makanan

Beberapa teknik memasak dapat Anda coba untuk memberikan kesan rasa yang berbeda.

Mungkin Anda tidak menyukai rasa brokoli yang dikukus maka Anda dapat mencoba untuk memasaknya dengan cara dipanggang dan disajikan dengan saus tiram. Terkadang Anda kurang menyukai makanan bukan hanya karena rasanya saja, tetapi bisa juga karena suhu atau tekstur makanan.

4. Jangan Menghindari Makanan yang Pahit atau Asam

Beberapa makanan sehat seperti buah mengkudu memang tidak mempunyai rasa yang enak. Rasanya yang hambar dan sedikit pahit dapat Anda akali dengan memakannya bersama gula merah.

5. Makanlah Ketika Perut Kosong

Percaya atau tidak, Anda akan sangat mudah menerima dan menerima rasa yang tidak biasa ketika Anda benar-benar lapar.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa orang dapat menerima makanan dengan rasa yang tidak disukai sebelumnya ketika perutnya kosong.

6. Mempercantik Penyajian Makanan

Mengatur dan menyajikan makanan dengan cantik di piring dapat memompa faktor palatabilitas, yaitu respon terhadap apa yang Anda lihat sehingga akan membuat Anda tertarik untuk mencicipinya.

7. Coba dan Coba Lagi

Jika Anda sama sekali tidak menyukai rasa pahit sayuran yang sehat, tetaplah untuk mencobanya dan jangan menghindarinya.

Sebuah studi menemukan bahwa ketika orang mengkonsumsi minuman pahit sekali sehari selama seminggu, keinginan orang untuk minum minuman pahit meningkat sebesar 68 persen.

8. Mencoba Makanan

Ketika Anda sdang berada di suatu jamuan makan malam bersama teman atau rekan kerja Anda, Anda dapat berlatih untuk makan makanan sehat yang sebelumnya tidak Anda sukai.

Orang cenderung akan mengabaikan rasa tidak sukanya terhadap makanan ketika sedang menikmati makanan bersama dengan teman-temannya.


sumber : http://health.detik.com/read/2012/04/23/113034/1898927/766/begini-cara-belajar-menyukai-makanan-sehat?l1102755

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends