Thursday, April 26, 2012

Tips Menenangkan Diri Saat Diserang Emosi


memenangkan-diri-saat-emosiGusdi20 - SAAT emosi menyerang, seseorang dapat dengan mudah kehilangan kontrol yang menghasilkan tindakan sembrono yang dilakukan tanpa pemikiran matang.
Untuk menghindarinya, menenangkan diri merupakan solusi paling tepat. Bagaimana cara menenangkan diri setelah diterjang konflik dan stress? Berikut beberapa di antaranya.
1.    Diam itu emas
Ini bukan sekedar pepatah kuno. Saat Anda dilanda emosi, diam merupakan langkah yang tepat. Saat Anda dikuasai emosi, kata-kata kasar dapat terlontar dengan mudahnya, bahkan kepada orang-orang yang tidak bersalah. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk diam tanpa suara hingga emosi reda.
2.    “Cuti” dari dunia maya
Tak hanya diam di kehidupan nyata, diam di dunia maya juga perlu. Anda pasti pernah melihat seorang kawan yang ngomel di Twitter atau Facebook. Baginya, curhat di jejaring sosial mungkin salah satu cara untuk mengeluarkan unek-unek, namun tidak demikian bagi orang lain yang membacanya.
3.    Tinggalkan lokasi konflik
Langkah ini biasanya dilakukan para pria. Saat bertengkar dengan pasangan, para pria lebih senang untuk pergi, meninggalkan pasangannya yang belum selesai melontarkan segala omelan. Bagi wanita, hal ini mungkin menyebalkan. Namun sebenarnya, langkah ini perlu diambil jika terjebak dalam kondisi emosional. Terlalu lama berada di lokasi konflik dapat membuat Anda tersudut dan semakin larut dalam suasana penuh emosi.
4.    Atur nafas
Pejamkan kedua mata Anda. Tarik nafas dalam-dalam dan tahan. Hitung mundur sampai lima, kemudian hembuskan perlahan. Kemudian ulangi sambil menambah hitungan menjadi enam, tujuh, sampai sepuluh. Inilah teknik mengatur nafas paling dasar yang umumnya diterapkan dalam proses meditasi yang bertujuan untuk meredakan emosi dalam diri.
5.    Mengasingkan diri
Carilah tempat yang sunyi dan dapat membuat Anda merasa tenang. Pantai, misalnya. Hilangkan rasa penat sambil menikmati hembusan angin yang lembut dan enyahkan rasa stress yang menyumbat pikiran Anda.

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends