Tuesday, September 25, 2012

Cara Alami Menggobati Sakit Tenggorokan

Gusdi20 - Sakit tenggorokan memang sangat menyiksa, sakit untuk menelan sehingga mengakibatkan nafsu makan kita berkurang. Penyakit ini disebabkan pleh infeksi bakteri atau birus, yang menyebabkan iritasi membran mucus tenggorokan akibat debu, asap, pasta gigi, batuk keras serta berbicara terlalu lama. Ada beberapa cara pengobatan secara alami yang dapat anda coba, diantaranya :


 1. Oleskan Minyak Kelapa
 Minyak kelapa merupakan antimikroba alami. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari.

 2. Berkumur dengan kunyit dan air garam
 Campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

 3. Hindari gula dan semua makanan olahan Gula
Karena makanan yang mengandung banyak gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh . Karena itu, ada baiknya dihindari. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan juga mempunyai dampak yang sama.

 4. Percepat pemulihan dengan lemon dan jus sayur 
Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula. Dengan begitu tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit.

 5. Minum Jus lemon tanpa gula 
 Campurkan 2 sendok makan jus lemon dari perasan 1/2 lemon ke dalam segelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong sekitar 30-60 menit sebelum makan. Cara ini diyakini bisa meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cairan ini juga akan membersihkan lambung dan menenangkan usus. Lemon kaya vitamin C dan mineral-mineral lainnya yang bersifat alkali.. Berlawanan dengan keyakinan umum, lemon tidak meningkatkan kadar asam, bahkan menyembuhkan kadar asam berlebih. Saat mencapai lambung, efek alkalinya akan meredakan asam berlebih. Lemon ini akan lebih berkhasiat jika dikonsumsi saat lambung dalam keadan kosong. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.

Silahkan di coba ya.... :D

Sumber

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends