Monday, April 30, 2012

Tips Agar Tidak Malu Minta Maaf


Gusdi20 - Tidak setiap orang bisa memulai untuk meminta maaf. Bisa terjadi karena ada perasaan angkuh, atau mungkin malu karena kesalahan terasa berat. Namun, memendam perasaan bersalah tanpa meminta maaf akan membebani hati. Sementara itu, meminta maaf adalah bukti kedewasaan seseorang bahwa setiap orang pasti memiliki kesalahan.
Bagi Anda yang merasa sungkan untuk meminta maaf, tips berikut barangkali memudahkan Anda untuk lebih bisa mengutarakan permintaan maaf.
  • Tidak menunda minta maaf. Kala Anda merasa berbuat kesalan, langsung saja nyatakan permintaan maaf sekecil apa pun. Orang akan lebih bisa menghargai keputusan Anda meminta maaf dari lisan Anda sendiri daripada tahu dari mulut orang lain.
  • Hindari meminta maaf lewat email. Lebih baik Anda meminta maaf secara bertatap muka. Atau, kalau tidak bisa karena suatu alasan, angkat telepon atau ponsel dan ucapkan permintaan maaf Anda beserta alasannya.
  • Hindari berbohong. Anda meminta maaf karena suatu kesalahan. Hanya saja, kalau Anda berbohong kenapa bisa berbuat kesalahan untuk tujuan membela diri, itu bukan tindakan terpuji. Sebaiknya Anda jujur mengakui apa saja kesalahan dan berjanji untuk tidak mengulangi. Kalau diperkenankan memberikan alasan terjadinya kesalahan, ungkapkan dengan jujur tanpa perlu mencari kambing hitam.
  • Bersikap merendah saat meminta maaf. Artinya, Anda benar-benar tulus mengakui kesalahan yang Anda lakukan. Rendah hati bukan berarti harus menjatuhkan harga diri Anda. Namun, Anda meminta maaf dan menunjukkan sikap menyesal telah melakukannya.
  • Optimis semuanya bisa berjalan lebih baik usai meminta maaf. Terkadang kesalahan yang tidak diselesaikan dengan segera, menimbulkan konflik dua pihak. Yakinlah dengan meminta maaf, semua akan berjalan seperti semula. Anda bisa tenang dalam beraktivitas dan menghindari punya musuh.

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends