Monday, April 30, 2012

Wow! Sebungkus Rokok di Selandia Baru Bakal Seharga Rp 700 Ribu


rokok
Pemerintah Selandia Baru berupaya untuk menghapuskan rokok pada tahun 2025
Gusdi20 - Jika anda seorang perokok dan merasa harga rokok saat ini yang makin mahal, maka anda harus bersyukur tidak tinggal di Selandia Baru. Pasalnya, Departemen Kesehatan di sana sedang melihat kemungkinan untuk menaikkan harga satu bungkus rokok menjadi NZ$ 100 atau sekitar Rp 748 ribu.
Langkah ini diambil Selandia Baru dalam upaya mereka untuk mematikan merokok selamanya pada tahun 2025 nanti.
Sebuah dokumen rahasia mengungkapkan sejumlah skenario harga drastis yang akan diperlukan untuk membantu mencapai tujuan tersebut.
Satu model menunjukkan bahwa meskipun harga rokok dinaikkan sampai NZ$ 40 per-bungkus pada tahun 2025, bersama dengan kebijakan ambisius lainnya, tujuannya akan gagal.
Tapi seandainya bianyanya meroket sampai NZ$ 100 pada 2020, dengan kenaikan pajak lebih lanjut setelah itu, kebijakan tersebut akan berhasil.
Prediksi yang terdapat dalam sebuah laporan rahasia tersebut dirilis ke 3 News dibawah Undang-Undang Informasi Resmi.
Meskipun pejabat mengakui bahwa peningkatan besarnya harga yang ‘mungkin tidak realistis’, namun para ahli percaya bahwa pajak adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.
Profesor Richard Edwards, dari Departemen Kesehatan Masyarakat di University of Otago, mengatakan, “Pajak adalah ukuran yang paling efektif yang kita punya untuk mengurangi merokok dan mendorong perokok untuk berhenti.
“Ini luar biasa bahwa Pemerintah telah mengadopsi ini sebagai tujuan. Dan Pemerintah Selandia Baru adalah yang pertama di dunia,” tambahnya.
Ide lain yang dibahas dalam dokumen ini termasuk regulasi tembakau sebagai zat yang sangat beracun, larangan merokok di mobil dengan anak-anak, memperbanyak kampanye anti rokok di media, dan menghapus tembakau dari barang bebas bea.
Departemen Kesehatan mengatakan, bagaimanapun bahwa ini adalah diskusi kebijakan internal dan tidak mewakili kebijakan Pemerintah. Dan pekerjaan lebih lanjut sedang dilakukan sebelum direkomendasikan kepada Pemerintah.
Pemerintah Selandia Baru juga sementara menpertimbangkan apakah mereka akan memaksa produsen untuk menjual rokok polos, dan bebas merek, untuk membuat mereka kurang menarik bagi kaum muda.
sumber

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends