Friday, September 28, 2012

'Mobil Tanpa Pengemudi Bakal Jadi Nyata'

imgGusdi20 - California - Era mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia dipercaya akan menjadi tren beberapa puluh tahun mendatang. Negara bagian California pun sudah bergerak dengan mengizinkan mobil tanpa pengemudi berjalan di jalanannya. Kini mereka siap menyusun aturan terkait syarat-syarat penjualan massal mobil seperti ini.

Gubernur California Jerry Brown mengatakan kalau mobil yang bisa mandiri adalah sebuah masa depan yang tidak bisa dihindari.

"Hari ini kita melihat fiksi ilmiah menjadi kenyataan besok, mobil yang dapat mengemudi sendiri," kata Brown ketika mengunjungi markas Google beberapa hari lalu seperti dikutip Drive On, Jumat (28/9/2012).

Perusahaan teknologi ini sendiri memang terkenal getol mengembangkan mobil dengan auto-pilot tersebut. Google tercatat sudah menguji belasan mobil yang sepenuhnya dikendalikan komputer sejauh 300.000 mil.

"Saya pikir mobil yang bisa mengemudi sendiri dapat benar-benar dramatis meningkatkan kualitas hidup bagi semua orang," kata pendiri Google Sergei Brin.

Mobil otonom ini bisa dijual secara komersial pada dekade berikutnya dengan menggunakan komputer, sensor dan teknologi lainnya untuk beroperasi secara independen. Tetapi pengendara manusia dapat menggantikan fungsi autopilot dan mengambil kendali kendaraan setiap saat.

Dengan teknologi tersebut, pengemudi manusia kini bisa beraktifitas di mobil mereka atau bermain-main dengan ponsel mereka tanpa takut kecelakaan. Dengan komputer yang memegang kendali mobil pun angka kecelakaan diharapkan akan menurun mengingat sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia.

Gubernur Brown memerintahkan departemen terkait untuk menyusun aturan yang lebih rinci mengenai mobil dengan autopilot ini agar mereka bisa sepenuhnya berjalan mulai 2015 mendatang. Hanya saja dia berpesan kalau manusia yang ada di belakang kemudi untuk mengambil alih kemudi dari komputer tetaplah harus orang yang sudah memiliki SIM.

Dukungan gubernur ini bertujuan untuk menjaga California di garis depan industri mobil otonom sejak Stanford University dan Silicon Valley bekerja pada teknologi ini selama bertahun-tahun.

Pada bulan Februari, Nevada menjadi negara bagian pertama AS untuk menyetujui aturan tentang persyaratan bagi perusahaan untuk menguji mobil driverless di jalan yang negara.

Produsen-produsen yang diketahui tengah bekerja untuk membuat teknologi ini antara lain Audi, BMW, Ford dan Volvo.

Sementara itu, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) memprediksi kalau di tahun 2040 mendatang mobil yang punya kemampuan berjalan secara mandiri ini akan menguasai 75 persen jalanan.


sumber:http://oto.detik.com/read/2012/09/28/094140/2042373/1207/

Masukan Email Anda Disini Untuk Berlangganan Artikel Kami:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jangan lupa follow twitter Kami @gusdi20. Oke?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Commentators

Jangan Lupa Like-nya !

My Friends